quote akubangkit
Catatan Lepas

4 Ungkapan Banyumasan yang Bisa Kamu Teriakkan Saat Semangat Semakin Menurun

Dalam hidup ini, ada saja momen dimana semangat kita mendadak semakin menurun, semakin mengendor. Menjadi semakin malas menyelesaikan sesuatu. Baik itu saat belajar, bekerja atau berbagai aktivitas lainnya.

Padahal, semangat itu sudah menjadi bahan bakar terakhir. Kalau nggak terus berusaha, maka aktivitas yang sedang kita jalani itu berhenti di tengah jalan. Pada akhirnya, cita-cita nggak tercapai.

Kalau lagi bad mood, tidak sedikit dari kita yang mencari ‘sandaran hati’ pada quote alias kata-kata mutiara. Pilihan quote yang sesuai dengan suasana hati yang melow bin drop. Yang gue banget.

Di era media sosial seperti sekarang ini, quote atau kata-kata mutiara yang dipenuhi pilihan kata motivasi dan indah bertebaran di media sosial. Nggak perlu lagi repot search di mesin pencarian.

Quote motivasi terbaru tahun 2019 bahkan mudah ditemukan begitu search di Instagram, Twitter, Facebook sampai dengan grup Whatsapp. Mau quote model apa saja, ada!

Mau quote terbaru yang Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Tiongkok sampai Bahasa Arab semuanya ada. Pokoknya tersedia dalam banyak bahasa deh. Nggak perlu bingung juga artinya, ada google translate.

Mau quote yang sekadar teks panjang atau pendek ada. Mau quote yang sudah format foto teks juga ada. Tinggal copy paste atau share saja. Quote tersedia begitu banyak.

Bahas quote alias kata-kata mutiara, Bahasa Banyumasan alias Bahasa Panginyongan alias juga Bahasa Ngapak juga punya quote kok. Malah punya banyak banget loh.

Tapi, kali ini, aku mau bahas quote Banyumasan, khususnya yang banyak dipakai oleh orang Purbalingga. Quote ini nggak panjang-panjang, sampai membuat kalimat puitis loh yah, tapi kata yang singkat, jelas, padat, trengginas.

Kan, katanya, Bahasa Jawa itu meskipun singkat tetap mempunyai makna yang jelas. Misalnya, “mbuh” itu lebih singkat, jelas dan pasti dibandingkan “saya tidak tahu apa-apa” dan “I don’t know”.

Oke. Kita bahas dulu 4 ungkapan dalam Bahasa Banyumasan, khususnya Bahasa Purbalinggaan, yang bisa Kamu teriakkan pada diri sendiri ketika semangat semakin menurun.

Wani Perih

Kata yang berarti “Berani Sakit” ini menandakan kamu siap berdarah-darah demi mewujudkan tujuan dan cita-cita yang sudah ditetapkan. Nggak ada kata menyerah, meski banyak aral melintang yang membuat tujuan terlihat berat dicapai.

Kata ini banyak digunakan supporter bola di Purbalingga, Braling Mania. Walau begitu, kata “Wani Perih” cocok juga loh kamu pakai saat kamu menghadapi tantangan yang begitu berat untuk dilewai.

Langka Mundure

Kata ini artinya tidak akan mundur. Kata “Langka Mundure” juga jadi simbol penyemangat untuk terus maju sekaligus menantang tembok tebal nan tinggi menghadang kita menggapai sukses.

Kamu bisa pakai “Langka Mundure” ketika kamu berhadapan dengan tekanan-tekanan yang seolah memaksa kamu untuk menyerah dan kehilangan semangat.

Madhep Mantep

Madhep Mantep dapat diartikan sebagai fokus kedepan. Yap. Dalam setiap aktivitas, kita memang harus terus fokus pada apa yang sudah menjadi tujuan dan cita-cita, jangan sampai mudah goyah.

Teriakkan “Madhep Mantep” pada diri sendiri, saat semangat melakukan aktivitas dan mengejar cita-cita sedang goyah. Karena, kalau kamu sendiri nggak madhep mantep, nanti siapa yang akan mengejar cita-cita kamu.

Aja Ngasi Ora

Nah ini yang terakhir yah. Kata “Aja Ngasi Ora” itu ya berarti jangan sampai tidak. Maksudnya? Ya jangan sampai tidak mencapai cita-cita atau goal yang kita punya.

Iya dong, jangan sampai lepas semangat kamu untuk mengejar apa yang sudah kamu niatkan. Sayang kan.

Nah! Itu dia 4 ungkapan dalam Bahasa Banyumasan, khususnya Bahasa Purbalinggaan, yang bisa Kamu teriakkan pada diri sendiri ketika semangat semakin menurun.

Meskipun siapapun pasti mengalami momen dimana semangat menurun, tapi jangan sampai terus-terusan terpuruk yah. Terlalu banyak semangat di sekitar kamu kok.

Kalau kamu punya quote dalam Bahasa Banyumasan yang bisa jadi penyemangat, boleh kok share di sini. Di kolom komentar yah. Siapa tahu, ada yang sedang butuh penyemangat kan.

Siapa tahu ada yang nyantol kan. Nyantol kata-kata mutiara penyemangatnya. Eh, siapa tahu.

sumber foto pexels.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *