event purbalingga terbaru
Catatan Kecil

Bioskop Misbar Purbalingga, Ruang Kreatif dan Konsep Virtual Event. Sudah Pernah Nonton Acaranya?

Ketika tahun berganti menjadi tahun 2020, salah satu tempat yang sudah AkuBangkit tunggu-tunggu adalah Bioskop Misbar. AkuBangkit penasaran bagaimana rasanya nonton di venue “gerimis bareng” yang memang dikonsep sebagai ruang kreatif.

Selama ini kan event-event yang digelar di Purbalingga lebih banyak memanfaatkan ruang-ruang terbuka hijau tuh. Yang mana, memang bukan spot eksibisi. Mulai dari Alun-alun, taman kota hingga lapangan.

Eh, nggak di ruang terbuka hijau itu aja sih. Malah, event di Purbalingga yang dilaksanakan dengan menutup jalan raya juga banyak juga sih. Heuheu.

Oke. Kembali ke laptop!

Selain alasan sensasi nonton acara di destinasi event ini, AkuBangkit kepo juga karena AkuBangkit sempat ikut pembahasan awal rencana pembangunan venue kreatif ini dengan Plt Bupati Purbalingga.

Cuma sekali. Pas pembahasan awal ruang kreatif itu doang sih. Tetapi rasanya, sense of belonging terhadap tempat ini begitu menggelora. Hahaha.

peresmian bioskop misbar 2020
Foto ini diambil sebelum ada penetapan Pandemi Covid-19 di Purbalingga.

Eh, Sudah Tahu Belum Apa itu Bioskop Misbar?

AkuBangkit cerita sedikit konsepnya yah. Biar pemahaman wankawan terhadap Bioskop Misbar Purbalingga semakin jelas. Nggak kenal, nggak sayang. Heuheu.

Bioskop Misbar lahir dari program Bantuan Pemerintah 2019 Fasilitasi Revitalisasi Ruang Kreatif dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Btw, sudah tahu yah, kalau Bekraf sekarang ini sudah melebur dengan Kemenpar dan akhirnya berganti nomenklatur menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif alias Kemenparekraf.

Terus ceritanya, program ruang kreatif ini diluncurkan menjadi semacam apresiasi buat komunitas-komunitas film, yang secara nyata udah mendorong ekonomi kreatif di kotanya.

Bekraf mendirikan konsep ruang kreatif ini di sejumlah kota di Indonesia, secara bertahap. Nah, Kabupaten Purbalingga mendapat bagian di tahun 2019 kemarin.

Jadi, nggak asal-asalan Bekraf ngasih program Banper Fasilitas Ruang Kreatif ke Kabupaten Purbalingga. Bekraf sudah lebih dulu melihat konsistensi Cinema Lovers Community aka CLC Purbalingga, khususnya di bidang pemutaran film.

Film Berbau Sejarah: Anak Muda Harusnya Nonton Film “ABRI Masuk Desa”, Apalagi yang Suka Gerakan!

Kira-kira Kayak Gini “Roh” Bioskop Misbar Purbalingga.

Tapi eh tapi, Banper 2019 itu nggak bisa langsung dikasih ke komunitas. Melainkan harus diserahkan melalui pemerintah kabupaten. Jadi sempat ada rembugan antara Bekraf dan Pemkab.

Mekanismenya jadi seperti ini kira-kira. Pemerintah Pusat yang kasih bantuan pembangunan dan desain bangunannya . Pemkab yang memfasilitas tempat dan juga pembiayaan operasional.

Sementara komunitas film bertanggung jawab untuk pengelolaan program biar Bioskop Misbar terus eksis. Nggak hanya dibangun, habis itu mangkrak. Jadi tanggung jawab komunitas pengelola tetap lumayan berat.

Karena itulah, Bioskop Misbar Purbalingga punya tujuan utama untuk menjadi ruang alternatif pemutaran film, baik film-film lokal, nasional, maupun internasional. Semangatnya apresiasi karya  dan pendidikan masyarakat.

Tapi karena lokasi Bioskop Misbar Purbalingga ada di komplek Usman Janatin City Park alias Purbalingga City Park di Jalan Ahmad Yani No 57 Purbalingga, Bioskop Misbar Purbalingga juga punya misi lain.

Selain pemutaran film dan kegiatan perfilman, fasilitas kreatif ini juga membantu “menghidupi” taman kota dengan membuka diri pada kegiatan kesenian lain, seperti musik, sastra, teater, tari, hingga seni rupa.

Yang mana, kegiatan-kegiatan itu sudah melalui mekanisme kurasi dewan program, terlebih dahulu. Jadi, walaupun terbuka dengan berbagai konsep seni pertunjukan, ruang kreatif di Kota Perwira ini tetap nggak asal-asalan juga bikin program. Mantap kan?

“Harapannya, menjadikan ruang alternatif baru bagi seniman dan masyarakat Purbalingga pada khususnya dalam berekspresi dan mengapresiasi karya seni secara bebas,” kata Bowo Leksono, Direktur CLC Purbalingga sekaligus Manager Program Bioskop Misbar Purbalingga.

ebeg kuda lumping purbalingga
Kesenian kuda lumping alias ebeg juga bisa tampil ciamik di Bioskop Misbar Purbalingga.

Dihantam Pandemi Covid-19, Padahal Baru Saja Diresmikan.

Setelah melalui proses pembangunan dan persiapan legalitas, akhirnya Bioskop Misbar Purbalingga diresmikan 7 Maret 2020 kemarin. Acara peresmian dibuat rangkaian acara selama dua hari, 7-8 September 2020.

Pas malam peresmian ada pemutaran film dan video akan digelar pentas “Urap Urip Urup”. Pentas ini merupakan kolaboras tari, musik tradisi, musik modern, teater, dan rupa.

Selain itu juga ada weekend market yang menjual produk-produk UMKM Purbalingga. Terus ada juga pertunjukan seni tradisi Grup Lengger Kinayung Laras, pemutaran film-film pendek Purbalinggaan, hingga penampilan Komunitas Musik Padamara dan Happy Night Band.

AkuBangkit nggak bisa datang pas acara peresmian bioskop dengan konsep terbuka itu. Yah, karena ada agenda lain di waktu yang sama. Padahal udah ditunggu-tunggu. Sayang sekali.

 Peresmian sudah selesai. Program sudah dirancang. Nggak lama kemudian, Pandemi Covid-19 menggila. Penambahan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Purbalingga melejit.

Alhasil, Bioskop Misbar Purbalingga turut terkena dampaknya. Operasionalnya dihentikan, seperti halnya destinasi ekonomi kreatif lainnya.

Dan, AkuBangkit sampai sekarang, belum kesampaian nonton acara di sana. Hmm, sayang seribu sayang.

Ruang Kreatif Kekinian di Era New Normal.

Beberapa bulan ampang, tanpa kegiatan. Akhirnya “mentari pagi” muncul. Sinar cerah berjudul “Era New Normal alias Kebiasaan Baru” menuntun pada kebangkitan event kreatif.

Tapi, Bioskop Misbar Purbalingga nggak ngodor begitu saja. Nggak asal-asalan membuka operasionalnya. Karena senyatanya kan pandemi Covid-19 masih ada yah.

Pengelola menyiapkan pembukaan aktivitas dengan mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor: 02/KB/2020, Nomor KB/1/UM.04.00/M-K/2020 Tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif.

Terus, Pengelola bersurat permohonan izin kepada Bupati Purbalingga yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purbalingga.

Yah, intinya yah mengajukan permohonan persetujuan membuka kembali kegiatan Bioskop Misbar dengan mengacu pada protokol kesehatan yang ada dalam SKB dua menteri tersebut.

Selang beberapa lama, Bupati Purbalingga memberikan izin operasional dengan penerapan protokol kesehatan.

Surat Keterangan yang ditandatangani Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi itu bertanggal 30 Juli 2020. Yah, udah deh, akhirnya Bioskop Misbar Purbalingga beraktivitas sampai sekarang ini.

Kreativitas di Tengah Pandemi Covid-19

Aktivitas Bioskop Misbar Purbalingga di tengah Pandemi Covid-19, masih sangat terbatas. Karena bagaimanapun kan aktivitas publik masih terbatas dan memang dibatasi.

Bercermin pada kondisi yang ada, Pengelola pun lebih fokus untuk bikin program di akhir pekan. Khususnya hari Sabtu malam.

Yah, meskipun kadang-kadang ada juga sih program di Bioskop Misbar Purbalingga yang digelar di luar malam minggu. Tapi sifatnya insidentil.

Nah, karena adanya pembatasan aktivitas publik demi menyegah penyebaran Covid-19 di Purbalingga, Bioskop Misbar Purbalingga melakukan inovasi dengan mengonsep programnya menjadi event virtual.

Sekalipun ada sedikit orang yang datang tanpa lupa menerapkan protokol kesehatan, program-program yang dirancang dan dilaksanakan di Bioskop Misbar Purbalingga bisa ditonton secara live streaming via youtube.

Jadi, kehadiran penonton di tempat duduk penonton menjadi sunah. Karena, acaranya cukup ditonton lewat layar handphone pintar. Lebih mudah kan.

Yang seru dari virtual event di Bioskop Misbar Purbalingga adalah kemasannya udah kayak nonton acara di tv. Secara kan yah, pengelolanya anak-anak film.

Jadi, eksekusi live streaming di Youtube Bioskop Misbar Purbalingga sudah pasti kece badai. Langka lawane! Hehehe.

Akan tetapi, kata Kang Bowo, Bioskop Misbar Purbalingga lebih mudah merancang program yang di luar bidang film? Kenapa bisa begitu?

Kata Kang Bowo, “justru program pemutaran film di masa pandemi sulit dijalankan, karena selain membatasi penonton, juga tidak mungkin film-film diputar dengan live streaming, kecuali mendapat izin pemilik film.”

Ini Loh Program Virtual Event di Bioskop Misbar Purbalingga.

Pengelola Bioskop Misbar Purbalingga nggak sendirian dalam merancang program virtual event. Mareka bekerjasama dengan sejumlah komunitas kreatif di Kabupaten Purbalingga.

Mulai dari Katasapa Purbalingga, Lesbumi Purbalingga, komunitas musik, komunitas stand up comedy, hingga pegiat seni lengger dan ebeg.

AkuBangkit udah nonton beberapa event virtual di Bioskop Misbar Purbalingga ini. Dengan kualitas gambar dan suara yang yahud, virtual event Bioskop Misbar Purbalingga jadi penawar yang josss banget bagi jiwa dan raga yang kekeringan hiburan karena di rumah aja.

Malah, bisa dibilang, Bioskop Misbar Purbalingga menjadi salah satu penyaji yang terbaik dan terkeren event virtual di Purbalingga ini. Beneran asik nonton live streaming dari venue kreatif di Purbalingga ini.

Bahkan kalau nggak bisa nonton secara live streaming, wankawan tetap bisa menonton sajian virtual di Bioskop Misbar Purbalingga melalui Youtube. Tetap asik kok. Coba aja!

Hmm, kira-kira ini program event virtual di Bioskop Misbar Purbalingga, yang digelar di Bulan Agustus dan September 2020. Buat gambaran wankawan. Kalau kepo versi “recorded”, langsung cek Youtube aja.

Program Agustus 2020

  • 7 Agustus 2020 : Mengenang Sapardi Djoko Damono
  • 14 Agustus 2020 : Pemutaran Dokumenter “Mereka yang Melampaui Waktu” dan Diskusi Buku “Tembakau di Purbalingga: Sejarah dan Perkembangannya”
  • 15 Agustus 2020 : MUSIKITA #1 Band Purbalingga
  • 22 Agustus 2020 : TRADISI #1 Pentas Ebeg dan Lengger
  • 29 Agustus 2020 : MUSIKITA #1 Senandung Falas

Program September 2020

  • 5 September 2020 : Gelar Seni Pilkada Damai bersama Lesbumi Purbalingga
  • 12 September 2020 : NGAKAK #1 Stand Up Comedy Purbalingga
  • 19 September 2020 : Film Pendek Purbalinggaan #2
  • 26 September 2020 : MUSIKITA #1 Ultah Kamuajo

Nonton Film Purbalingga: Setelah Film “Tilik” dan Bu Tejo yang Viral, Saatnya Nonton Film Pendek Purbalingga. Ini Rekomendasinya, Lik!

Oke! Begitulah cerita AkuBangkit tentang venue kreatif yang hits di Kabupaten Purbalingga, Bioskop Misbar Purbalingga.

Memang sayang banget belum bisa nonton ramai-ramai di venue dengan konsep open space ini. Tetapi nggak apa lah. Kan masih bisa nonton acaranya secara live streaming. Tetap seru kok.

penonton film pendek lokal
Foto ini juga diambil sewaktu belum ada penetapan Pandemi Covid-19 di Purbalingga.

Menurut AKuBangkit, konsep virtual event di Bioskop Misbar harus dipertahankan, ada atau nggak Pandemi Covid-19. Dengan begitu, daya dan karya kreatif orang-orang Purbalingga bisa diapresiasi oleh lebih banyak orang.

Jadi, penontonnya nggak cuma orang Purbalingga yang bisa dolan ke pusat kota. Tapi juga orang yang nggak sempat datang langsung on the spot, orang yang sedang merantau atau bahkan komunitas lain di luar kota.

Selain itu, penerapan virtual event di Bioskop Misbar juga bakal mendorong peningkatan standar kualitas dokumentasi event. Hehehe.

Bagaimana, wankawan sudah pernah nonton juga event Bioskop Misbar Purbalingga? Baik nonton secara langsung maupun secara live streaming.

Boleh juga dong share pengalaman wankawan nonton event virtual. Ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar yah. Monggoh.

Sumber Foto: Dokumentasi Misbar Purbalingga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *