blogger purbalingga
Catatan Kecil

Cara Mudah menjadi Blogger Sukses dan Kenalan dengan Braling Blogger United

Sudah lama mengenal blog. Dari zaman kuliah di Purwokerto. Mungkin sekitar 10 tahun yang lalu. Ketika itu, blog hanya dipandang sebagai diary digital.

Iya. Aktivitas ngeblog masih sebatas memindahkan tulisan tangan di sobekan kertas atau halaman belakang buku ke ranah digital. Karena itu, posting blog lebih banyak berupa copy & paste coretan pulpen.

Tetapi, semakin menyelami aktivitas blogging, semakin sadar bahwa blog bukan tentang nulis diary. Banyak sekali motif selain sekadar curhat ‘dear dairy’, ternyata.

Mulai dari mendokumentasikan karya cerita sebelum menjadi buku, memberikan pendapat tentang masalah-masalah tertentu, hingga tujuan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Motif yang terakhir ini, yang biasanya begitu menarik perhatian. Blogging mendapatkan passive income. Siapa yang nggak seneng kalau sekadar berbagi kisah atau pendapat, tapi juga dapat untung duit.

cara mudah sukses blog

Tetapi, Sukses Blogging Itu Tak Sederhana.

Bisa dikatakan, bukan tujuannya yang tak sederhana. Melainkan cara untuk mencapainya. Kenapa? Karena jika ingin meraih sukses lewat blog, apapun definisi kesuksesan itu, tetap butuh upaya yang banyak.

Ini serius. Masih banyak orang yang menilai ngeblog, dan juga sukses lewat blog, itu gampang. Sekedar coret-coret, bahkan copy dan paste tulisan orang, lalu cukup upaya.

Contoh saja nih yah. Salah satu cara meningkatkan view blog atau website, sangat dibutuhkan blog walking. Untuk yang belum familiar, blog walking itu sama saja dengan jalan-jalan ke blog orang lain.

Blog walking, yang kemudian berimbas pada kunjungan balik pada blog atau situs kita, itu tak bisa serta merta. Harus rutin berkunjung ke blog orang lain beberapa kali, sehingga kemungkinan kunjungan balik kian besar.

Keuntungan melakukan blog walking secara intens dan memakan waktu ini, tidak hanya akan membuat viewer blog semakin meningkat. Tetapi juga akan membuat blog kita semakin hidup.

Setelah baca banyak referensi blog, aku percaya kalau blog walking yang baik itu ya blog walking yang kemudian merangsang interaksi antara pemilik blog dan viewer.

Ada komentar dan tanggapan atas konten. Bukan semata sapa atau meninggalkan jejak. Kalau sudah banyak interaktif, di sinilah sebenarnya keseruan ngeblog.

Hayuk Baca: Sedang Merencanakan Liburan Keluarga? Ini Alasan Sanggaluri Park Bisa jadi Pilihan Bagus

Biar Blog Walking Semakin Mudah.

Nah, kalau ingin blog walking berjalan lebih mudah dan tentunya menghadirkan kunjungan balik yang juga tinggi, berjejaring adalah cara ampuh untuk mewujudkannya.

Kita tinggal share posting terbaru blog, kemudian sounding ke jejaring kita. Karena sudah saling mengenal, tidak akan ada masalah tuh berbagi dan memberi tahu kalau kita punya post terbaru di blog.

Karena sesama blogger, maka sudah pasti tahu apa yang harus dilakukan ketika ada teman yang posting. Yang sudah tentu berkunjung dan berkomentar kan.

braling blogger united
Pertemuan perdana komunitas blogger Purbalingga yang bernama Braling Blogger United.

Makanya Gabung Braling Blogger United.

Sebagai blogger pemula yang ingin meningkatkan kualitas konten sekaligus kuantitas kunjuangan makanya, aku nggak ragu turut bergabung dengan Braling Blogger United alias Babon.

Braling Blogger United (Babon) itu komunitas blogger di Kota Perwira. Kepenginnya komunitas ini mewadahi blogger-blogger di Purbalingga ini, yang memang sedang tumbuh tapi masih jalan sendiri-sendiri.

Yang merintis, erycorners.com, sianakdesa.id dan akubangkit.com sebagai pelengkap. Obrolan merintis komunitas blogger ini sejak Mei 2019, tapi baru resmi berkumpul medio Juni 2019. Habis Lebaran kemarin.

Dengan gabung sama Braling Blogger United ini, kan pastinya blog walking plus menambah viewer akan semakin mudah dan asyik. Sekali lagi, karena semua narablog sama-sama membutuhkan viewer.

Dan kebetulan, saat pertemuan perdananya di Alun-alun Purbalingga, anggota Babon bersepakat untuk lebih fokus mendorong budaya menulis dan merespon karya anggotanya. Jadi kan asyik buat menambah semangat.

Hayuk Baca: Anak Muda Harusnya Nonton Film “ABRI Masuk Desa”, Apalagi yang Suka Gerakan!

Ada Keuntungan Lain Gabung Babon?

Ya ada dong. Setiap komunitas pasti memberikan benefit yang banyak. Apalagi kalau komunitas itu bermanfaat seperti Braling Blogger United alias Babon.

  1. Memiliki ruang untuk menguji ide tulisan
  2. Menjadi ruang untuk mencari referensi ide
  3. Menambah semangat untuk berkarya
  4. Bisa bertanya masalah teknis blogging
  5. Menambah teman dan jaringan kerja kreatif
  6. Banyak lah keuntungan lainnya.

Jadi bagaimana? Masih punya semangat untuk ngeblog?

Atau malah teman-teman sudah punya cara sendiri untuk membangun dan merawat semangat terus berkarya lewat blog? Boleh dong share pengalamannya di kolom komentar.

Sumber Foto Utama: Pexels

3 thoughts on “Cara Mudah menjadi Blogger Sukses dan Kenalan dengan Braling Blogger United”

  1. Aku mau bertanya tentang teknis blog. Selama ini aku hanya nulis, terus BW, terus share di beberapa medsos, teknis lain-lainnya masih belum bisa.

    Btw, selamat atas lahirnya Babon, dirimu itu bukan pelengkap, tapi penggeraaaakkkkk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *