cara mengatasi ngantuk kantuk
Catatan Lepas

Cara Ini Begitu Mudah untuk Mengatasi Kantuk Tanpa Minum Kopi, Bisa Banget Dicoba!

Belakangan ini mudah sekali mengantuk. Padahal jam tidur ya sudah tergolong banyak. Lebih dari enam jam. Memang belum ideal 8 jam sehari sih, tetapi kan bisa tidur lebih dari enam jam sehari kan memang sudah lumayan banyak. Tapi, ya tetap saja mudah mengantuk.

Pernah beberapa minggu yang lalu, sampai merasakan kantuk yang tak tertahankan di siang hari. Mengantuk ketika sedang berpuasa Ramadan memang sudah biasa, tapi ini rasanya ngantuk sekali. Padahal, malam sebelumnya nggak begadang.

Sementara di hari lain, AkuBangkit merasa ngantuk sekali di malam hari. Baru sekitar pukul 21.00, namun rasa kantuk sudah menguasi diri. Dan, pas badan sudah ketemu kasur dan bantal, sadar-sadar sudah pagi menjelang.

Kopi. Iya, kopi memang identik untuk “tamba ngantuk”. Bahkan, ada yang nyeruput sedikit aja, langsung bisa begadang lantaran mata terus menyala. Tetapi sih gimana yah, AkuBangkit nggak terpengaruh sama kafein.

AkuBangkit minum kopi, namun kalau ngantuk ya ngantuk saja. Begitu juga kalau lagi pengin begadang, ya kopi sekadar menjadi teman menyusuri malam.

Penyebab mudah mengantuk.

Kalau baca Alodokter, ada beberapa faktor yang bisa bikin badan mudah lelah dan rasa kantuk melanda.

1. Masalah kesehatan

Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat mudah mengantuk, seperti memiliki gangguan tidur, diabetes, kelainan hormon, mengalami gangguan elektrolit, mengidap sindrom kelelahan kronis sampai dengan adanya efek jet lag.

2. Masalah kejiwaan

Kondisi mental dan emosional, seperti  gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD), juga turut berpengaruh pada semakin tingginya tubuh merasa mudah lelah dan mengantuk.

3. Efek samping obat-obatan

Jenis obat, seperti obat tidur, obat penenang, dan obat antihistamin akan memberikan beberapa efek samping, di antaranya mudah mengantuk setelah mengonsumsinya.

Eh, Baca Yuk: [Ulasan] Enak bin Legitnya Es Duren Pak Kasdi Purbalingga yang Melegenda & Tiga Keunikan yang Tak Kamu Sadari

Cara mengatasi mudah mengantuk.

Kalau kopi tak ada, sementara mengantuk begitu menguasai diri, AkuBangkit punya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk yang sudah menggila.

Cara mengatasi mengantuk ini AkuBangkit temukan dari hasil berburu informasi di mesin pencarian dan pengalaman mempraktikannya. Meskipun tergolong mudah, beberapa cara ini termasuk ampuh untuk mengusir kantuk yang menyerbut.

1. Cuci Muka.

Cara ini sudah terbukti ampuh mengusir kantuk yang melanda. Mayoritas penduduk dunia sudah tahu kalau cuci muka bisa jadi cara ampuh dan praktik mengusir kantuk. Hehehe.

AkuBangkit pernah membuktikan keampuhan cara ini, pas kelas 3 di SMA Negeri 1 Bobotsari. Waktu itu, pelajaran Fisika dan jam terakhir. Sangat mengantuk. Pak Guru tahu aku ngleyep alias terlelap di tengah pelajara.

Dan, seperti biasa, Pak Guru menyuruh siswa yang mengantuk di kelas, untuk cuci muka. Termasuk, aku juga. Aku cuci muka di kamar mandi terjauh dari kelas, habis itu, ngantuk ilang. Ampuh men! Heuheu.

2. Memijat Telinga.

Awalnya, aku nggak terlalu yakin kalau memijat telinga bakal menjadi cara ampuh mengusir kantuk, tanpa minum kopi. Namun, setelah mencoba, kok beneran bisa menghilangkan ngantuk.

Cara menghilangkan kantuk ini konon merupakan teknis biksu ketika bermeditasi. Teknik ini juga mudah dilakukan. Cukup pijat pelan pada daun telinga, kantuk bisa lenya. Wajah menjadi lebih segar. Siap kembali menghadapi hari.

3. Paksakan Menguap.

Ini kesannya memang sepele, tetapi memaksakan diri untuk menguap secara maksimal bisa membantu menghilangkan rasa mengantuk loh. Coba saja.

Konon, gerakan menguap bisa membantu mendinginkan otak. Gerakan memaksakan menguap ini bisa dilakukan 5-10 kali. Rasakan efeknya.

4. Mengunyah Permen.

Salah satu penyebab tubuh mengantuk adalah bosan dan kehilangan konsentrasi. Makan permen bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan kantuk secara mudah.

Apalagi kalau makan permen karet. Olahraga rahang karena mengunyah permen karet bisa bikin konsentrasi bisa kembali, kantuk lenyap.

Tetapi, yang perlu banget diingat adalah, jangan membuang sisa permen karet sembarangan. Penting ini loh. Heuheu.

5. Segera Tidur.

Cara paling ampuh dan mudah untuk mengusir kantuk ya jelas segera tidur. Kantuk yang obatnya adalah tidur.

Tetapi, tetap pastikan tidurnya jangan asal tidur. Tidur yang nyaman. Jadi, pas bangun tidur, badan bakal segar, bukannya malah sakit.

Oh iya. Kalau mengantuk melanda di siang hari, tidur sekitar 20-30 menit bakal bikin badan kembali segar loh. Kantuk lenyap, aktivitas kembali lancar.

Baca Juga Nih: Rekomendasi Kopi Khas Purbalingga yang Nikmat bin Sedap, Jangan Sampai Lolos. Seruput, Lik!

Jadi gimana, sudah pernah coba cara yang mana untuk menghilangkan kantuk yang melanda? Kalau kawan-kawan punya cara lain untuk mengusir kantuk, boleh dong share di kolom komentar.

Semoga ulasan blog yang ditemani Kopi Onthel grade premium ini bermanfaat yah. Salam, salim.

Sumber foto Andrea Piacquadio dari Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *