wisata kuliner khas cirebon
Ulasan

Menyantap Empal Gentong yang Gurih & Empuk Dagingnya di Empal Gentong Krucuk Cirebon

Mampir ke Cirebon lagi! Hore! Hore! Hore! Tapi karena sekarang dalam kondisi lapar, jadi incarannya sudah tentu bukan tempat nongkrong dan ngopi ngganteng. Yang diburu adalah tempat makan.

Aku dan teman-teman dari Citrantara sudah memutuskan untuk akan empal gentong. kalau datang ke kota yang relatif nggak dikenal seperti Cirebon ini, tentu saja maps dari Google adalah andalan pencarian referensi dan lokasi dong.

Dan seperti halnya manusia kebanyakan, kami juga mengandalkan review dan rekomendasi dari netizen di maps. Akhirnya, kami memilih untuk makan di Empal Gentong Krucuk.

Ternyata eh ternyata, Empal Gentong Krucuk ini adalah salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Cirebon. Sudah terkenal banget kayaknya. Soalnya, pas aku datang, juga ramai banget!

Nah, karena punya status “dibuang sayang”, jadi pengalaman kuliner di Empal Gentong Krucuk ini aku share aja di blog ya. Siapa tahu, ada yang pengin cari referensi kuliner di Kota Udang ini.

Baca Ini Dulu Boleh: Pengendara Cewek yang Suka Menebar Hoax

makanan enak cirebon jawa barat

Eh, sebelum ulas Empal Gentong Krucuk, sudah pada tahu belum apa itu empal gentong?

Cirebon itu punya banyak banget kuliner khas. Salah satunya ya empal gentong ini. Karena itu, nggak heran kalau di Cirebon banyak banget destinasi wisata lidah yang mengandalkan empal gentong ini.

Empal gentong itu kayak gulai. Tapi isian dagingnya bisa daging sapi atau juga daging kambing. Gulai daging itu ditaburi daun kucai dan bawang merah goreng.

Ada yang unik dari kuliner khas Cirebon ini. Yakni empal gentong ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Mungkin ini salah satu rahasia kelezatannya yah.

Jadi, wajar banget kalau warung makan empal gentong memajang gerobak yang dilengkapi dengan gentong besar. Kelezatan dan keunikan kuliner yang satu ini yang bikin empal gentong jadi klangenan para wisatawan.

rekomendasi kuliner cirebon jawa barat

Lalu, bagaimana dengan Empal Gentong Krucuk yang katanya sudah terkenal di Indonesia ini?

Empal Gentong Krucuk ini mudah banget ditemukan. Meskipun tanpa maps. Kenapa? Karena destinasi wisata kuliner di Cirebon ini berada di kawasan Kota Cirebon. Lokasinya strategis lah.

Rumah makan empal ini berada di Jalan Krucuk, Kota Cirebon. Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No 5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon. Sangat sangat mudah sekali dijangkau nih lokasinya.

Pas aku main ke sini, rumah makan Empal Gentong Krucuk sudah dipadati para pecinta kuliner. Mereka nggak ada yang datang sendirian kayak pendekar. Hampir semuanya datang bersama keluarga.

Tapi, tempatnya memang kece sih untuk makan bareng keluarga. Apalagi, kayaknya, Empal Gentong Krucuk ini baru saja perluasan bangunan. Jadi, tambah nyaman deh untuk makan empal gentong bareng-bareng di sini.

Mau kasih tahu nih. Empal Gentong Krucuk ini menyajikan dua jenis empal gentong. Yakni empal gentong dan empal asem. Bedanya cuma pengunaan santan.

Empal gentong pakai santan. Sementara empal asem nggak pakai santan, jadi kayak gulai tapi beningan gitu. Aku mencicipi dua-duanya, dan keduanya enak. Gurih semua. Ini tinggal soal selera saja.

Selain menu utama itu. Empal Gentong Krucuk juga punya menu sate kambing, sate sapi hingga sate meranggi. Ada juga beberapa jenis krupuk yang bisa bikin makan semakin ramai. Kriuk, kriuk, kriuk.

Oh iya. harga empal gentong di Empal Gentong Krucuk yakni Rp 22 ribu perporsi. Tanpa nasi ya. Hehehe. Ada harga memang ada kualitas yah. Worth it lah buat kuliner khas Cirebon ini.

Baca Yuk Lah: Sajak Dingin di Pagi

Makanya, kalau teman-teman punya kesempatan main ke Cirebon, jangan lewatkan untuk menikmati gurihnya empal gentong di Empal Gentong Krucuk. Sayang banget lah kalau dilewatkan.

Atau teman-teman punya pilihan tempat makan empal gentong lainnya di Cirebon, yang nggak kalah enak? Boleh kok dishare di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *