kuliner kudus indonesia
Ulasan

Melahap Sensasi Kuliner Warisan Khas Kudus Bernama “Soto Kebo”

Pada setiap perjalanan, selain pemandangan yang tertangkap oleh mata dan mata kamera, kuliner adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Pengalaman lidah itu nggak tergantikan.

Pengalaman lidah ini bukan tentang rasa dan tekstur makanan semata loh yah. Tetapi soal momen yang mengiringi kita saat mempertemukan suatu makanan dengan lidah kita.

Menikmati makanan khas di daerah dimana makanan itu berasal itu jauh lebih mantap, dibandingkan makan makanan khas yang sudah ‘merantau’ ke daerah lain.

Meskipun kita bukan lidah chef, tetap beda kok pengalamannya. Misalnya nih, makan Soto Kerbau alias Soto Kebo di Kabupaten Kudus.

Soto Kebo yang bikin kepo.

Nah, pertengahan Juni 2019 ini, aku punya kesempatan untuk wisata kuliner khas Kota Kretek. Namanya Soto Kebo. Dari namanya saja, sudah terasa kan keunikan rasanya.

Yak walaupun mencicipi Soto Kebo ini bukan pas lagi traveling ala milenial, melainkan pas saat wisata tratag alias kondangan di rumah mertua adik di Jekulo, tetap saja bunyinya kulineran kan. Heuheuheu.

Jujur saja. Sejak memasuki tenda tratag berwarna kuning, yang nggak jauh dari batas Kabupaten Kudus dan Pati itu, lidah ini sudah penasaran dengan stand Soto Kebo.

Kan tahunya cuma menu soto seperti soto ayam, soto sapi, soto babat, Soto Semarangan, Soto Bu Giman dan Sroto Bancar, eh kok ini ada soto kebo. Kan lidah ini langsung kepo rasanya daging kebo ala soto.

Akhirnya, setelah soto kebo tersaji di stand, langsung saja kan mengambil soto khas Kudus ini. Sotonya tersaji di mangkuk kecil, kaya mangkuk soto semarangan.

Isinya? Ada nasi, kecambah, bawang dan tentu saja daging kebo yag dipotong kotak persegi. Meskipun mangkuknya kecil, isinya banyak juga kok. Satu porsi lumayan lah bikin kenyang.

Hayuk Baca:Ā Jika Kamu Pergi ke Kota Dumai, Jangan Lewatkan untuk Menikmati 4 Hal Ini di Sana

Nikmat yang mengandung syiar Islam.

Eits, sebelum cerita soal rasanya, aku mau cerita soal cerita sejarah di balik soto kebo di Kudus ini. Cerita sejarah ini nih yang kadang bikin kulineran tambah seru kan.

Ceritanya nih, penggunaan daging kerbau di soto kebo ini bermula dari zaman Sunan Kudus melakukan syiar Islam di sana. Waktu itu, kan di Kudus banyak banget warga yang beragama Hindu.

Nah, buat warga Hindu, sapi kan merupakan hewan suci. Sapi atau lembu dalam Hindu ialah tunggangan dewa. Jadi warga nggak boleh disembelih apalagi dikonsumsi tuh.

Sebagai wujud toleransi antarumat beragama, Sunan Kudus ikut melarang pengikutnya memakan daging sapi. Akhirnya, sebagai pengganti daging sapi sebagai bahan makanan, maka dipilihlah daging kerbau.

Ternyata eh ternyata, sampai sekarang budaya nggak menyembelih sapi masih berlanjut loh. Jadi, konon, orang Kudus itu kalau mau makan daging sapi, itu hasil dari ‘impor’ dari kabupaten tetangga.

rekomendasi kuliner kudus
Ini penampakan Soto Kebo tanpa kuah yah. Sekilas, mirip soto semarangan di mangkuk kecil kan.

Terus, gimana rasanya dong?

Hmm. Enak kok. Kuahnya seger. Apalagi kalau yang suka pedes, bisa tambah sambal, yang pastinya bisa bikin kuah tambah seger dan nikmat. Kalau aku sih nggak suka pedes, jadi tanpa sambel. Hehe.

Kalau daging kerbau di Soto Kebo juga enak. Empuk. Nggak terasa bau prengus, alot atau nyeliliti. Mungkin karena masaknya pas, jadi rasa daging kebo yang aku makan ya enak aja.

Menurutku, menu khas Kudus ini, Soto Kebo ini harus kamu masukkan di list kulineran kalau main ke Kabupaten Kudus. Sayang banget kalau nggak menyempatkan menikmati gurihnya Soto Kerbau alias Soto Kebo.

Apalagi, dari hasil searching di beberapa website, muncul banyak tempat-tempat yang recommended banget untuk wisata kuliner Soto Kebo di Kabupaten Kudus.

Hayuk Baca:Ā Dolan Seru ke Pasar Digital GenPI Jateng yang Hits, Pasar Karetan!

Rekomendasi beli soto kebo di Kudus.

Nah, biar semakin lengkap, aku muat beberapa rekomendasi tempat makan yang jualan Soto Kerbau di Kabupaten Kudus. Rekomendasi ini aku kutip dari travelingyuk.com yah.

Soto Kerbau Karso Karsi

Lokasinya di Jalan AKBP R Agil Kusumadya No 35 A Kudus. Di sini, soto kebo dijual Rp 15.000/porsi.

Soto Kerbau Pak Doel

Lokasinya di Jalan Nuri No 8, RT 3 RW 4, Wergu Kulon, Kudus. Di sini, soto kebo dijual Rp 15.000/porsi.

Soto Kudus Bu Jatmi

Lokasinya di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim No. 43, Panjunan, Kudus. Di sini, soto kebo dijual Rp 12.000/porsi.

Oke! Sudah yah ulasannya tentang Soto Kerbau alias Soto Kebo yang khas banget dari Kudus. Jadi, kalau traveling ke Kudus, jangan cuma cari destinasi wisata yang hits di Kudus aja dong.

Melainkan harus bin wajib banget untuk berburu kulineran khas Kudus. Salah satunya Soto Kebo ini. Syukur-syukur beli oleh-oleh biar yang di rumah nggak cuma dapat foto pelesir kamu aja. Hehehe.

5 thoughts on “Melahap Sensasi Kuliner Warisan Khas Kudus Bernama “Soto Kebo””

  1. Terus kapan aku ada akomodasi ke Kudus, ya? Biar bisa menikmati Soto Kebo yang enak, dagingnya empuk ora gawe selilit.

    Btw, kita samaan gak suka pedes. Nek mangan pedes langsung mangar-mangar. šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *