kopi khas purbalingga
Catatan Kecil

Sedang Mencari Rekomendasi Kafe di Purbalingga? 4 Kedai Kopi Ini Bisa jadi Pilihan Kamu!

Sudah semakin banyak saja yang suka kopi. Sekarang ini, kopi bukan semata milik penghuni pos ronda yang menjaga ketentraman desa atau juru ketik yang berburu deadline. Tapi sudah milik banyak kalangan.

Dari yang bocah hingga yang sepuh. Dari yang macho sampai yang lemah lembut. Dari yang gaulnya cuma bisa di timeline sampai yang gaulnya di berbagai geng. Semua menjadikan kopi sebagai bagian dari hidupnya.

Bahkan, ketika sedang traveling ke kota lain, sekarang ini yang diburu bukan cuma pusat oleh-oleh dan destinasi wisata instagramable. Namun juga kedai-kedai kopi yang kece.

Nah, buat kamu yang sedang berwisata ke Purbalingga dan mencari-cari kedai kopi alias kafe alias cafe yang hits dan kece buat ngopi, pas banget nih! Kenapa?

Karena, di blog kali ini, akubangkit bakal mengulas rekomendasi kafe di Purbalingga yang cocok banget buat nyeruput kopi. Apalagi, kalau pilihan kamu adalah biji kopi khas Purbalingga. Hmm, srupuuut.

Baca Juga Dong: Pengalaman Asiknya Mampir Kerja di Baraja Cafe yang Hits di Kota Cirebon

Tanpa berpanjang kata dan pengantar, yuk langsung saja kita simak rekomendasi kafe-kafe di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kopi di Purbalingga.

cafe hits purbalingga

Pertama. Tempatnya kecil sih, di Kopikalitas kamu bisa menikmati kopi seduhan barista handal.

Iya. Tempatnya memang kecil. Cuma kios kecil sih. Tapi nyaman banget untuk ngopi di Kopikalitas. Kafe yang dikelola Ashari Kimiawan ini, jadi salah satu destinasi wisata kopi andalan akubangkit!

Nilai lebih dari Kopikalitas adalah kawan-kawan bisa asik menikmati secangkir kopi racikan salah satu barista handal di Banyumas Raya alias Jawa Tengah Bagian Selatan.

Yes! Ashari Kimiawan itu penyandang disabilitas. Tapi sebagai barista sekaligus pegiat bisnis kopi, ia sangat handal kalau soal kopi. Doi biasa menjadi juri di berbagai kompetisi menyeduh. Sayang kan melewatkan momen ngopi seduhan barista handal.

Kedai kopi ini punya desain interior dengan nuansa Jepang dan punya ikon burung gagak. Nggak tahu sih apa maksudnya. Yang jelas, ngopi di Kopikalitas kita bisa ngobrol banyak hal, termasuk dengan baristanya.

Kedai kopi ini mudah banget dijangkau. Kopikalitas berada di timur Pasar Mandiri Purbalingga. Jadi masih di pusat kota. Kalau lagi gaje di tengah kota Purbalingga dan butuh kopi, cuss saja ke Kopikalitas.

Kedua. Seruput kopi dalam kebersamaan ala street food bareng Adventure Coffee.

Jika mengulas salah satu kedai kopi yang punya konsep unik, ya jelas nggak boleh melewatkan Adventure Coffee. Kedai ini punya mobilitas tinggi, karena dikemas dalam bentuk mobil jeep warna hitam.

Kedai kopi berjalan ini bisa dibilang salah satu pelopor bisnis kopi di Purbalingga. Kedai mobil ini sudah eksis sejak kopi masih belum setenar sekarang ini di Purbalingga.

Kali pertama menyeduh, Adventure Coffee muncul di kawasan Alun-alun Purbalingga. Sekarang, kedai kopi yang terasa banget petualangannya ini menetap di Jalan MT Haryono atau depan SMA Negeri 1 Purbalingga.

Aku nggak pernah bosan untuk nongkrong dan ngopi bareng Adventure Coffee. Karena aku bisa menikmati suasana pinggir jalan yang ramai, tapi nggak mengganggu hangatnya obrolan dan seruputan kopi.

Jadi, keunggulan ngopi di Adventure Coffee ini kawan-kawan bisa menikmati suasana akrab pinggir jalan. Apalagi harga kopi yang dijual di Adventure Coffee sangat ramah di kantong.

wisata terbaru purbalingga

Ketiga. Cobalah sensasi ngopi di Cafe Girli yang menyajikan syahdunya kemricik air Kali Klawing.

Oke! Sekarang kita agak ke wilayah pinggiran Purbalingga. Kalau sebelumnya aku memberi rekomendasi cafe di pusat Kota Purbalingga, sekarang saatnya memberi pilihan kedai kopi wilayah Kemangkon.

Lebih tepatnya di wilayah Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon. Di tepi Kali Klawing sekaligus tepian Jembatan Linggamas terdapat Cafe Girli. Iya Girli. Pinggir Kali.

Cafe Girli berada di bagian dalam kawasan Obyek Wisata Susu Sungai Klawing Desa Kedungbenda. Buka jam empat sore hingga dini hari. Jadi, meskipun tempat wisatanya tutup, kawan-kawan bisa tetap ngopi di tepi sungai.

Cafe Girli in tempatnya enak banget buat ngopi. Sederhana namun nyaman. Apalagi buat kawan-kawan yang suka menyendiri dan menikmati suasana alam. Suara kemricik airnya syahdu banget.

Mendoan plus sambel kecap bisa jadi teman ngopi di Cafe Girli. Harga jual kopinya juga murah meriah kok. Kalau melaju dari atau menuju Semarang lewat Jembatan Linggamas, sempatkan ngopi di cafe ini.

Baca Yuk: Ini Beneran Asik! Wisata ke Sanggar Darimu di Bokol Lanjut ke Wisata Susur Sungai di Kedungbenda

Keempat. Kalau ini memang bukan cafe, tapi selalu jadi tempat ngopi terfavorit.

Di manakah tempat ngopi favorit itu? Rumah. Iya. Jawabannya adalah rumah. Rumah masing-masing, maksudnya. Seperti tadi aku bilang, tempat ini memang bukan cafe tetapi selalu jadi tempat ngopi yang asik.

Buat aku pribadi, aku selalu berusaha menikmati kopi home brewing layaknya di cafe. Kadang bikin sendiri, kadang dibikinin sih. Aku punya dua trik utama biar ngopinya berasa banget kayak kopi di cafe.

Yakni menyeduh kopi tubruk yang takarannya dicontek dari takaran para barista di Purbalingga. Karena aku kopi ala espresso, jadi ya dimirip-miripkan rasa pahitnya.

Cara kedua adalah membeli kopi siap seduh dari petani-petani kopi atau bahkan penjual kopi khas Purbalingga. Biasanya, aku beli kopi dari Kopi Onthel.

Kopi merek Kopi Onthel racikan Riki Susanto ini tersedia di banyak toko merchandise jadi mudah dicari. Kadang aku ya pesen Kopi Onthel yang grand premium atau premium blend. Mantap kok!

Baca Ini Yuk: [Ulasan] 5 Alasan Utama Kenapa Grand Braling Hotels by Azana Begitu Spesial bagi Purbalingga

Itu dia Rekomendasi Cafe di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi kalau kawan-kawan sedang berwisata ke Purbalingga atau sekadar sedang mudik ke Kota Perwira.

Atau kawan-kawan punya rekomendasi cafe yang kece untuk nongkrong dan ngopi bareng, boleh kok share di kolom komentar. Purbalingga memang punya banyak kafe kece. Jadi, kapan kita ngopi bareng?

2 thoughts on “Sedang Mencari Rekomendasi Kafe di Purbalingga? 4 Kedai Kopi Ini Bisa jadi Pilihan Kamu!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *