cara membuat dalgona coffee viral
Catatan Kecil

Sudah Tahu Dalgona Coffee yang Viral di Media Sosial? Ternyata Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffee itu Mudah Banget!

AkuBangkit bertemu  tak sengaja Dalgona Coffee. Pas lagi ngecek trending harian di Google Trends, beberapa hari yang lalu. Pencarian kata “Dalgona Coffee” melonjak. Karena penasaran dengan kata “Dalgona Coffee”, jiwa penuh rasa ingin tahu ini terusik.

Ternyata, Dalgona Coffee ini sedang naik daun. Di tengah kejenuhan isolasi diri dari pandemi Covid-19, Dalgona Coffee menjadi minuman kekinian yang viral. Netizen di Twitter, Instagram, hingga Tik Tok ramai-ramai update konten tentang aktivitasnya membuat hingga menyeruput Dalgona Coffee.

Dalgona Coffee menjadi konten ampuh untuk meningkatkan like, comment, repost dan followers. Di lain sisi, Dalgona Coffee yang viral ini telah menjadi aktivitas yang menyegarkan di antara kejenuhan dan kebosanan di rumah karena nggak bisa kemana-mana.

Setelah sepuluh jemari mengetik dan menelisik Dalgona Coffee di pencarian Google, diketahui kalau Dalgona Coffee ini sudah bikin kepo banyak orang. Mereka nggak cuma mencari foto atau ulasannya, namun sudah memburu resep dan cara membuat Dalgona Coffee dengan mudah di rumah.

Dalgona Coffee memang viral banget. Saking viralnya seorang teman bercanda, “kalau ternyata susu hilang dari minimarket, kayak hand sanistizer atau sabun cuci tangan, berarti pelakunya adalah netizen yang sedang membuat Dalgona Coffee”. Bener juga tuh.

Banyak orang yang kepo dengan Dalgona Coffee. Termasuk juga istri dan adik cewek di rumah. Bermodal resep dan cara pembuatan di google, rumah di desa pun jadi terpapar “virus” Dalgona Coffee. Sudah beberapa hari mereka mencoba berekspresimen rasa Dalgona Coffee.

Nanti cerita deh tentang hasil eksperimen Dalgona Coffee di rumah. Sekaligus cerita pengalaman serupur Dalgona Coffee. Sekarang ini, AkuBangkit mau memperkenalkan dulu minuman kekinian yang manis dan populer di media sosial pada masa physical distancing ini.

Baca Dulu Dong: Makan di Rumah itu Selalu Menyenangkan. Kalau Kamu Lebih Suka Makan di Rumah atau di Luar Rumah?

Dalgona Coffee yang Manis nan Viral

Setelah baca beberapa ulasan, kabarnya Dalgona Coffee ini populer setelah aktor K-POP, Jung Il-Woo mencoba minuman itu, waktu doi ke Makau, awal tahun 2020 ini. Karena rasanya yang manis seperti permen spons tradisional Korea Selatan, Jung Il-Woo menyebutnya dalgona.

Ya, seperti kita tahu bersama. Kalau para penggila K-Pop ini kan ahlinya bikin trending yah. Sudah pasti, Dalgona Coffee langsung trending sedunia. Netizen dari berbagai dunia langsung ramai-ramai mencoba membuat kopi ini yang sudah terkenal di Makau, India dan Pakistan. Sampai muncul quarantine coffee challenge loh.

Sejumlah ulasan menyebutkan kalau Dalgona Coffe ini serupa dengan Phenti Hui Coffee yang berasal dari India. Dalgona Coffee dan Phenti Hui Coffee alias kopi kocok dari India memiliki bahan dan cara pembuatan yang sama. Sama-sama dikocok sampai berbusa.

Pelipur Lara Momen Nongkong Cafe yang Hilang

Dalgona Coffee itu terdiri dari dua layer. Bagian atas coklat berkat kopi, bagian bawahnya putih berkat susu. Kalau dilihat dari bentuk platting-nya, Dalgona Coffee itu mengingatkan pada cappucino, minuman kopi yang khas cafe.

Bedanya, cappucino itu kopi di bagian bawah sementara susunya dijadikan foam dan ditaruh di atas. Nah pada Dalgona yang berada di bagian bawah adalah susunya, sementara kopinya dicampur gula, dikocok dan dijadikan foam untuk ditaruh di bagian atas.

Jadi, Dalgona Coffee ini yang memang kafe banget. Mungkin karena itulah, Dalgona Coffee menjadi minuman pelipur lara karena nggak bisa nongkrong di cafe hits serta instagramable. Bisanya cuma nongkrong di rumah masing-masing kan. Heuhehu.

Sumber Foto Kloop.com

Mudah dan Praktis Membuat Dalgona Coffee di Rumah

Ya memang sederhana dan praktis kok membuat Dalgona Coffee. Bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur, minimarket ataupun warung tetangga. Bahkan untuk level di desa, bahan-bahan membuat Dalgona Coffee sudah tersedia plus murah.

Bahan pembuatan Dalgona Coffee itu “cuma” kopi sachet, gula pasir, susu, dan es batu. Foam kopi bisa dibikin dalam 3-5 menit dengan mixer atau kalau mau membuat Dalgona Coffee tanpa mixer, ya butuh waktu sekitar 5-7 menit untuk mengaduk dengan sendok alias manual.

Dalgona Coffee bisa disajikan dalam waktu 10 menit! Cepat banget. Tanpa perlu kristalisasi kringat yang berlebihan.

Kalau soal rasa manis dan pahit atau model penyajian, itu sih soal selera yah. Silahkan atur sendiri sesuai kesukaan masing-masing.

Oh iya. Kalau nggak suka kopi, Dalgona Coffee juga juga dimodifikasi kok. Ada banyak resepnya di berbagai ulasan. Seperti mengganti kopi dengan coklat, green tea, milo hingga matcha. Coba aja, siapa tahu cocok dengan eksplor rasa Dalgona Coffee yang lainnya.

Baca Ini Yah: Didi Kempot menjadi The Godfather of Broken Heart, Benar-benar Fenomena yang Njogedable Banget!

Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffee di Rumah

Hmm. Sayang yah, kalau blog post yang bahas tentang Dalgona Coffee ini nggak sekalian mencantumkan resep dan cara membuat Dalgona Coffee di rumah. Ini resep dan cara membuat yang disarikan dari membandingkan beberapa situs yah.

Bahan-bahan membuat Dalgona Coffee:

  • 2 sdm kopi bubuk instant yang tanpa ampas
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm air
  • Susu cair secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara praktis membuat Dalgona Coffee:

  1. Siapkan mangkuk, tuang kopi, gula, dan air panas ke dalamnya.
  2. Aduk semua bahan dengan cepat menggunakan sendok kurang lebih 400 kali / sekitar 3-5 menit
  3. Jika tangan tak kuat, bisa menggunakan menggunakan hand mixer atau mixer di rumah berkecepatan tinggi kurang lebih 1-2 menit.
  4. Aduk terus sampai berubah warna menjadi cokelat dan bertekstur kental.
  5. Tuang susu dan es batu ke dalam gelas.
  6. Tuang adonan atau base dalgona di atas susu.
  7. Dalgona Coffee buatan rumah siap disajikan.

cara membuat dalgona coffee viral

Dalgona Coffee Buatan Rumah yang Tanpa Susu.

Ya seperti yang tadi AkuBangkit cerita di awal. Akhir pekan perdana di April 2020 ini diisi dengan sajian Dalgona Coffee. Orang rumah terpapar virus Dalgona Coffee. Istri penasaran bikin Dalgona Coffee yang sedang viral di tengah pandemi virus corona.

“Iya buatkan saja. Tapi tetap tanpa susu ya,” kata AkuBangkit, yang memang nggak terlalu suka minum susu. Nggak alergi atau benci susu, hanya saja lebih baik menghindari saja sih. Lidahnya nggak cocok. Hihihi.

Tak lebih dari 15 menit, datanglah Dalgona Coffee homemade ala bos Galeri Purwita. Dalgona Coffee itu datang di gelas leher panjang, yang berkeringat karena es batu. Ada sedotan besi yang siap membantu nyeruput kopi kocok ini.

Warnanya coklat muda yang lebih cair di bagian bawah, sedangkan coklat tua yang lebih pekat ada di bagian atas. Tanpa kopi, seperti pesanan. Susu sudah diganti kopi. Jadi Dalgona Coffee homemade made in istri di rumah pakai combo kopi, yakni kopi Nescafe dan kopi Kapal Api Grande.

Rasanya, sudah pasti mantap! Rasa pekat dan pahitnya bikin melek dan menyegarkan pikiran. Padahal, AkuBangkit nggak terlalu suka dengan kopi model kocokan kayak gini. Persepsiku, rasa kopi kocok itu nggak mantap seperti kopi hitam atau malah espreso.

Tapi, ini beneran enak. Nendang! Kopi dalgona buatan rumah ini tandas. Bahkan, sisa-sisa di tepian gelas juga ludes didulit pakai sedotan.

Eh, puja-puji ini bukan karena Dalgona Coffee di akhir pekan ini buatan istri loh yah. Heuheuheu. Tapi beneran enak kok. Yakin lah. Hehehe.

Baca Yuk Ah: Mencoba Membandingkan Teh dan Kopi, Kalau Kamu Lebih Suka Teh atau Kopi?

Dalgona Coffee yang viral di media sosial, akhirnya jadi salah satu hiburan wisata lidah di tengah aktivitas rutin work from home. Sebelumnya, sudah ada martabak homemade yang memanjakan lidah ini.

Yah, work from home alias kerja di rumah ini menjadi lebih berwarna lah setelah ada logistik yang menyegarkan. Biasanya kan cuma bisa makan nasi dan sayur mayur yah. Heuheuheu.

Kawan-kawan sudah bikin Dalgona Coffee di rumah? Enak nggak nih. Hehehe. Monggoh share pengalaman bikin Dalgona Coffee di rumah versi kamu yah. Siapa tahu resepnya bisa jadi inspirasi nongkrong kece dan hits di rumah.

2 thoughts on “Sudah Tahu Dalgona Coffee yang Viral di Media Sosial? Ternyata Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffee itu Mudah Banget!”

    1. Hahaha. Jelas bukan buatan sendiri. Btw, idep purbalingga nggak ada hubungannya sama K-Pop ya, kok susah trending. hihihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *