wisata sanggaluri park purbalingga
Catatan Kecil

Sedang Merencanakan Liburan Keluarga? Ini Alasan Sanggaluri Park Bisa jadi Pilihan Bagus

Liburan segera tiba. Liburannya juga cukup panjang. Ada libur Lebaran yang dilengkapi dengan libur sekolah. Sangat sayang sekali kalau waktu liburan dihabiskan hanya santai slow di rumah. Sayang sekali.

Apalagi kalau dalam beberapa bulan terakhir ini memang jarang banget dolan alias pelesir. Karena kesibukan kerja atau sekolah, yang menyita banyak waktu.

Atau malah, waktu liburan ini berhasil mudik asyik ke Kota Perwira. Mengunjungi destinasi wisata yang selama ini hanya bisa dinikmati lewat postingan media sosial, tentu jadi hal yang wajib dilakukan.

Yah, hitung-hitung ikut menyemarakan geliat industri pariwisata di Purbalingga kan. Sekaligus hits di medsos. Jadi, nggak cuma like postingan wisata di Purbalingga.

Tapi, nggak mudah menemukan destinasi wisata yang cocok.

Iya sih. Jangan sampaikan sudah jauh-jauh ke suatu destinasi wisata, eh malah menyesal. “Lah, mung kaya kuwe thok”. Jangan sampai merasakan hal begitu kan.

Bisa jadi, suatu destinasi wisata di Purbalingga itu hits banget. Pas di postingan media sosial teman, juga kayaknya indah banget. Tapi, bisa jadi kan melahirkan penyesalan main ke sana.

Mencari destinasi wisata yang cocok memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau rencana berwisatanya bareng keluarga kan. Banyak yang harus diperhatikan.

Nggak cuma soal hits dan kesenangan pribadi saja. Soal kenyamanan anggota keluarga yang lain juga perlu diperhatikan dengan seksama. Terlebih kalau mengajak anak-anak kan.

Lalu, wisata ke mana nih asyiknya?

Nah! Kali ini, aku mau bercerita tentang salah satu destinasi wisata di Purbalingga yang cocok jadi pilihan berwisata. Utamanya buat keluarga. Ini bisa disebut rekomendasi deh.

Yang mau aku ceritakan adalah Sanggaluri Park. Pasti semua sudah banyak yang kenal dengan Sanggaluri Park. Ituloh destinasi wisata yang dulu namanya Taman Reptil.

Iya, iya. Destinasi wisata itu memang destinasi wisata yang sudah lawas. Termasuk generasi awal perintis bisnis pariwisata bersama Owabong Waterpark. Tapi, tetap asyik kok buat dikunjungi.

Kebetulan, akhir April 2019 ini, aku dan teman-teman Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purbalingga bikin program “Jalan Bareng GenPI” untuk eksplor Sanggaluri Park.

Ternyata, eh ternyata, sudah banyak hal baru di Sanggaluri Park loh. Taman edukasi ini nggak lagi cuma mengandalkan koleksi reptil dan museum saja untuk dinikmati semasa liburan.

Tapi sudah banyak wahana dan spot baru yang bisa bikin liburan di Sanggaluri Park jadi lebih asyik dan tentu saja instagramable. Apa saja? Yuk simak ulasan ini.

wisata sanggaluri park purbalingga

Nuansa Jepang bisa kamu nikmati sejak pertama kali masuk.

Yep. Di sini ada beberapa spot yang kental dengan nuansa Jepang. Mulai dari depan sampai dengan belakang. Terutamanya dalam bentuk taman.

Taman Jepang ini lagi hits loh. Hal ini karena ada pepohonan yang mirip dengan bunga sakura. Kalau main ke Sanggaluri Park, jangan sampai nggak selfi di Taman Jepang yah.

tempat wisata rekomendasi purbalingga

Kalau pengin lebih menantang, coba deh camping bareng keluarga.

Daripada jauh-jauh naik ke gunung, camp site di Sanggaluri Park bisa jadi pilihan yoi loh. Apalagi, kalau baru pernah camping bareng keluarga. Bisa jadi pembelajaran loh.

Sayangnya, ada batas minimal untuk bisa camping di Sanggaluri Park. Kalau nggak salah, minimal 10 orang. Coba ajak keluarga besar atau teman untuk camping di Sanggaluri Park yah.

wisata hits purbalingga

Ada juga wahana profesi yang bisa untuk merangsang cita-cita si kecil.

Ini wahana baru di Sanggaluri Park. Di wahana ini, kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain peran menjadi karakter atau profesi tertentu. Wahana ini mirip wahana di Kidzania.

Ada wahana menjadi koki, broadcaster, polisi, pemadam kebakaran, fashion designer dan lainnya. Di wahana ini, anak-anak akan belajar suatu profesi didampingi petugas pendamping. Asyik loh.

wisata sanggaluri park purbalingga

Buat pecinta binatang, ada Taman Kelinci dan Istana Kucing loh.

Kalau sudah ketemu binatang yang menggemaskan, sudah pasti asyik sendiri mainnya. Kelinci-kelinci dan kucing-kucing di Sanggaluri Park lucu banget loh.

Mereka bisa dikasih makan atau diajak selfie. Meski binatangnya masih sedikit, tapi nggak bakal ngurangi rasa gembira bermain bareng binatang yang menggemaskan itu.

destinasi hits purbalingga

Di luar itu, wahana lawas juga bisa jadi sarana refreshing yang seru.

Ada museum uang, museum wayang, museum rekor, kolam renang, taman lalu lintas dan tentu saja taman reptil. Semua wahana itu tetap asyik untuk dinikmati semasa liburan.

Bahkan, cocok untuk pembelajaran untuk anak-anak. Nggak bakal membosankan koh. Malah, kalau mau melihat satu persatu, nggak kerasa tuh waktu mainnya ternyata lebih dari dua jam. Heuheu.

Bagaimana? Itulah kira-kira cerita soal Sanggaluri Park. Salah satu destinasi wisata keluarga yang perlu dikunjungi di Purbalingga.

Sanggaluri Park juga cocok kok jadi destinasi wisata tambahan, kalau sudah berwisata di daerah kota Purbalingga ataupun Kecamatan Kutasari dan Bojongsari. Di wilayah ini memang banyak destinasi wisata.

Jadi, sudah siap memilih destinasi wisata untuk mengisi jatah libur tahunan yang paling dinanti oleh rakyat Indonesia ini? Hehehe.

Note: Foto-foto koleksi tim GenPI Purbalingga

Jangan Lupa Bagikan

1 thought on “Sedang Merencanakan Liburan Keluarga? Ini Alasan Sanggaluri Park Bisa jadi Pilihan Bagus”

  1. Sudah.. saya sudah siap untuk libur panjang di tahun ini.

    Okay, fine, saya tunggu Sanggaluri Park untuk jadi tempat pusatnya outbond anak-anak di Purbalingga. Keknya seru.. Aku mbok esih olih melu outbond bocah-bocah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *