blog akubangkit tips kerja
Catatan Lepas

Tips Mudah Murah Meriah Mengatasi Bad Mood Ketika Bekerja

Sebagai kaum pekerja, harus diakui banyak sekali waktu yang dihabiskan di lingkungan kantor. Bisa dibilang, sebagian besar waktu dalam satu hari. Dari pagi hari sampai sore hari.

Terkadang juga bisa dibilang overtime. Terutama karena ada saja pekerjaan yang harus diselesaikan atau malah pekerjaan yang loading pada siang hari dan harus diselesaikan pada hari itu juga.

Sebenarnya, aku bersyukur banget punya lingkungan kerja yang selow. Setel kendo. Ada guyonnya. Seragam kerja juga nggak ada. Pakai kaos belel atau hem perlente, sama sekali bukan persoalan.

Ini aku lagi ngomong soal suasana loh yah. Bukan soal waktu tenggat, beban kerja, kualitas dan target pekerjaan. Kalau sudah menyangkut hal ihwal itu sih rasanya sama saja dengan perusahaan lain yah. Saklek.

Meskipun lingkungan kerjanya nggak spaneng kenceng, tapi tetap saja kadang merasa stuck dalam bekerja. Mood mendadak hilang. Pikiran jadi blank. Dan, akhirnya, kualitas pekerjaan pun menurun.

Padahal, dalam industri kreatif tempat aku bekerja ini, mood dan kreativitas sangat penting dalam menunjang pekerjaan. Maka itu, mood dan kreativitas betul-betul harus dijaga dengan baik.

Soal stuck dalam bekerja atau mendadak uring-uringan, mungkin juga nggak cuma ada industri kreatif yah. Tetapi di berbagai lini industri. Pasti, nggak asyik banget kalau sampai mood drop yah.

Nah, untuk blog kali ini, di sela waktu sore habis bekerja, aku mau berbagi sedikit tentang Tips Mudah Murah Meriah Sekali Mengatasi Mood yang Turun Ketika sedang Bekerja.

Tips ini benar-benar sederhana dan mudah banget diterapkan saat sedang kerja. Ya, aku juga biasa melakukan tips sederhana ini. Dan sejauh ini, lumayan berhasil lah.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik sambil kerja selalu jadi tips yang rekomended. Karena, terbukti musik bisa membantu membangun mood seseorang. Termasuk juga mood untuk bekerja. Pilih musik yang sesuai selera.

Yang penting pakai headset. Biar nggak mengganggu orang lain yah. Jangan sampai cara kamu membangun mood malah merusak mood orang lain.

Kalau aku biasanya pilih lagu-lagu manca. Yang nggak harus dihapal liriknya. Karena tujuannya cuma merangsang otak untuk kembali segar.

Cari Pemandangan Baru

Pemandangan baru ini nggak perlu harus pergi keluar kantor loh yah. Tetapi cukup menjalankan prinsip ‘cari pemandangan baru’ di lingkungan kantor. Siapa tahu kan mood turun cuma karena bosan dengan rutinitas.

Kan lingkungan kantor nggak cuma satu meja kerja saja. Tetapi mulai dari halaman sampai bagian belakang. Luas kan.

Aku biasanya mencari pemandangan baru dengan melihat tembok, melihat langit-langit, melihat langit atau sekadar melihat pohon terjauh dari kantor. Ya cuma biar melihat sesuatu yang baru.

Selain menyegarkan pikiran, juga bisa membantu olahraga mata kan. Selain otak dan hati, mata juga lelah loh. Coba deh cari pemandangan baru.

Ngajak Ngobrol Teman

Ini jadi cara yang mudah juga untuk membangun mood ketika bekerja. Ajaklah teman untuk ngobrol. Namun, jangan ngobrol kerjaan. Ngobrol lah sesuatu yang ringan-ringan saja.

Dari obrolan yang ringan dan mengalir, otak kita akan bisa diajak untuk berpikir hal yang lain. Kalau aku sih biasanya mulai dari bertanya, “gimana bro, sehat?”

Cari Air, Lalu Cuci Muka

Lah ini. Ini tips yang nggak cuma menghilangkan badmood dan stuck ide. Namun juga bisa membuang kantuk dan menyegarkan muka. Dengan muka yang lebih adem, pikiran jadi lebih segar.

Cuci mukanya ya bebas aja di mana gitu. Yang penting air bersih. Yang lebih penting lagi, nikmati persentuhan air segar dan muka itu yah. Dengan dinikmati, nyesnya lebih terasa.

Tapi, ya jangan sering-sering. Nanti, malah dikira orang caper. Heuheu.

Oke deh. Itu dia Tips Mudah Murah Meriah Sekali Mengatasi Mood yang Turun Ketika sedang Bekerja versi akubangkit. Namun ingat yah, terapkan tips ini sesuai aturan perusahaan tempat kamu bekerja yah. Hehe.

Bagaimana? Teman-teman sering mengalami bad mood atau stuck ketika sedang kerja apalagi ada deadline? Kalau iya, boleh dong share bareng di sini.

Atau teman-teman malah sudah punya rekomendasi tips mengatasi bad mood saat lagi kerja? Wah, boleh banget dong dibagi. Siapa tahu bisa berguna buat pembaca yang lain, terutama aku. Hehe.

foto bersumber dari pexel.com

Jangan Lupa Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *