kuliner terbaru purbalingga
Ulasan

[Ulasan] Sambal Rempah nan Nyelekamin Ini Bernama Sambal Bakar Tagawa. Kamu Harus “Gawa” Ini Sambel ke Rumah!

Memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan 1441 Hijriyah kali ini, AkuBangkit dapat kiriman kece nih. Kiriman dari Kiye Merchandise ini dalam bentuk sambal alias sambel. Namanya, Sambel Bakar Tagawa.

Sambel Bakar Tagawa ini lumayan hits, jadi udah penasaran juga sejak banyak diposting di medsos. Saking penasarannya, AkuBangkit mau beli dan gawa alias bawa ke meja makan, eh malah dikasih sama si empunya Kiye Merchandise.

Sungguh secuil berkah bagi orang-orang yang berpuasa. Maturnuwun Lik Afit Setiyadi. Hihihi.

Meskipun AkuBangkit nggak terlalu suka dengan menu sambal yang pedas, AkuBangkit benar-benar kepo sama rasa kuliner pedas khas Sambal Bakar Tagawa.

makan keluarga sambal

Ternyata, setelah mencoba Sambal Bakar Tagawa, wuih… enaknyaaaaa.

AkuBangkit lagi nggak puja-puji Sambal Bakar Tagawa, karena dikasih free loh yah. Tetapi memang lidah ini nggak bisa bohong sih. Ini beneran nyelekamin.

Rasa pedas yang berminyak bercampur dengan gurihnya rempah-rempah, bikin menu makan kian top markotop. Padu padan bumbu-bumbunya, bikin Sambal Bakar Tawaga kasih pengalaman rasa yang unik.

Apalagi pas sambalnya ketemu dengan hangatnya nasi, hmm.. top markotop sih. Rasa pedas dan penuh rempah bikin makan nggak bisa berhenti. Rasane eman-eman arep mandeg. Hihihi.

Jadi, kalau di Bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya, penyegaran menu buka puasa dilakukan dengan bikin atau ikutan bukber di luar rumah, sekarang ini cukup pakai Sambal Bakar Tagawa. Sederhana tapi mengena banget.

sambal rempah purbalingga

Dari mana enaknya Sambal Bakar Tagawa Berasal?

Sambal Bakar Tagawa ini diracik dari sejumlah bahan dasar “sederhana” seperti cabai, garam hingga rempah-rempah  yang diolah dengan cara dibakar, sebelum disatukan dalam proses selama 5-8 jam. Wuih, lama banget yah.

Oh iya, istilah “bakar” di nama “Sambal Bakar Tagawa” itu bukan cuma karena proses pembakaran di salah satu tahapan pembuatannya, namun juga karena sambal ini memang berwarna merah kehitaman pekat layaknya makanan gosong.

Dengan proses pembuatan yang spesial, nggak heran banget deh kalau kawan-kawan buka tutup botol, lalu memandangi sambalnya, kelenjar air liur di mulut sudah bergejolak.

Nggak percaya? Ya coba saja sendiri dong. Hihihi.

kuliner enak jawa tengah

Cara menikmati Sambal Bakar Tagawa.

Selain karena alasan aromanya yang menggoda semangat eksplor kuliner, rasa sambal yang nggak terlalu pedas, bikin AkuBangkit begitu menikmati Sambal Bakar Tagawa ini. Makanya, beberapa hari terakhir Ramadan ini, menu buka puasa nggak pernah melewatkan tambahan sambal.

Tapi, karena AkuBangkit bukan penggila makanan pedas, maka sambal yang dituangkan di piring nggak banyak banget. Maksimal dua sendok makan.

Lalu, bagaimana AkuBangkit menikmati sambal ini? AkuBangkit share sedikit pengalaman kuliner berbuka puasa bareng Sambal Bakar Tagawa yah, siapa tahu jadi inspirasi menu makan kawan-kawan. Hihihi.

  • Nasi Hangat
  • Sambal Bakar Tagawa
  • Sayur Jagung Putren
  • Runtuk Gorengan (Apa sih yah bahasa indonesianya, hihi)
  • Bakwan Jagung
  • Teh Tawar

Perjumpaan nasi hangat, sambal dan putren, serta nggak ketinggalan gurihnya runtuh dalam satu kepalan tangan, membuat mulut dan seluruh penghuninya bergembira mengunyah. Sebanyak 32 kali sekalipun.

Apalagi, sewaktu bakwan jagung menyusul untuk melengkapi kenikmatan yang sudah meresap dalam indra pengecap. Top markotop.

Eh iya, jangan lupa untuk seruput teh tawar nan panas. Minuman yang satu ini, selama ribuan purnama, sudah terbukti  mampu bikin gairah makan semakin membara. Makan lagi, makan terus.

Ketika semua menu itu bersatu dalam satu paket menu makan, wuih beneran enak banget. Keringat yang mengkristal di dahi bakal menjadi pertanda kenikmatan kuliner sederhana namun mewah.

Kegembiraan kuliner mana yang akan kita nistakan, kawan.

sambal enak purbalingga

Eits, ini cara beli Sambal Bakar Tagawa.

Saking enaknya sambal ini, sampai lupa cerita soal harga dan cara beli sambal yang sedang hits di kancah kuliner di Purbalingga dan sekitarnya ini.

Sambal Bakar Tagawa ini dijual dengan harga normal senilai Rp 35 ribu perbotol loh. Tapi, kalau kawan-kawan membeli tiga botol sambal sekaligus, kawan-kawan bisa membeli dengan harga khusus. Yakni, beli 3 botol hanya Rp 100 ribu.

Kalau kawan-kawan ingin beli harga grosiran karena ingin jual lagi, kawan-kawan langsung aja beli paket berisi 10 bungkus hanya mana harga jualnya hanya Rp 30 ribu perbotol. Mantap sekali kan.

Sambal Bakar Tagawa yang bisa dibilang sebagai salah satu kuliner khas Purbalingga ini bisa dibeli di Afit Setiyadi atau agen-agen dari Durian Legit Foundation (DFL).

Eh, kalau mau beli online di Shopee juga bisa loh. Search saja Sambal Bakar Tagawa. Siap kirim ke banyak kota kok.

Baca Juga Ini Yah: [Ulasan] Bagaimana Rasanya Mencicipi Menu Andalan Padi Resto di Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga?

Sambal Bakar Tagawa ini cocok banget loh kalau mau dijadikan bingkisan lebaran, buat sanak saudara yang berada jauh di luar kota dan nggak bisa mudik atau yang tinggal di kota tetangga, tapi nggak bisa jumpa di Lebaran tahun ini.

Seru juga loh makan bareng Sambal Bakar Tagawa sambil video call ramai-ramai bareng saudara, sedang berjarak. Coba saja, seru kok.

Oh iya, kalau kawan-kawan sudah pernah makan bareng Sambal Bakar Tagawa nggak nih? Boleh dong share di kolom komentar.

Boleh juga share soal cara favorit kalian ketika menikmati sambel. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kawan-kawan lainnya ketika nyambel. Yuk share yuk.

3 thoughts on “[Ulasan] Sambal Rempah nan Nyelekamin Ini Bernama Sambal Bakar Tagawa. Kamu Harus “Gawa” Ini Sambel ke Rumah!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *