wisata kuliner cilacap
Ulasan

Wisata Kuliner di Cilacap yang No Bokis, Puding Klamud Bang Bulex

Kembali ke Kota Bercahaya, Cilacap. Urusan pekerjaan, tentunya. Tapi kali ini agak beda. Karena harus main ke Cilacap sendirian, dan dipastikan seharian penuh di tepi Pantai Selatan.

Sebenarnya, hampir bete gegara nggak ada dapat tempat nongkrong yang sesuai harapan plus nggak ada temen ngobrol. Eh, ditambah lagi dengan makan siang yang nggak yoi.

Tapi, ya sudah lah. Rasa bete cuma bertahan nggak sampai 60 menit. Cuma sebentar saja. Kenapa? Tentu saja ya karena ada Puding Klamud Bang Bulex.

Pernah Dengar Puding Klamud? Katanya ini salah satu menu kulineran yang terkenal di Cilacap. Meskipun sudah bolak-balik ke Cilacap, aku ya baru pernah kali ini dengar puding klamud di Cilacap.

Oke! Karena mungkin banyak yang belum kenal dengan Puding Klamud Bang Bulex dari Cilacap ini, aku mau coba ulas yah. Boleh lah yah buat bedah menu. Hehehe.

Hayuk Baca Juga: Melahap Sensasi Kuliner Warisan Khas Kudus Bernama “Soto Kebo”

Bermula dari Rasa Kaget, Malah jadi Penasaran.

Pertama datang ke meja rapat, aku juga heran, kenapa malah dikasih kelapa. Aku kira, logistik meeting kerjaan kali ini adalah minum es kelapa muda.

Meskipun kulitnya yang halus nan hijau sudah dikupas dan menyisakan serat-seratnya, masih mudah dipahami kalau itu adalah kelapa ijo. Kayaknya menyegarkan, tapi bisa minum kelapa ijo bisa berisiko nih.

Wah, gawat pikirku, kan. Bisa-bisa bolak bali ke toilet, hanya karena saluran pencernaan dikuras oleh air kelapa muda. Apalagi, udara ruangan meeting cukup dingin. Bahaya-bahaya.

Aku nggak langsung antusias, walaupun menu kulineran Cilacap nan unik ini didekatkan. Tapi, nggak lama setelah itu, eh ada peserta meeting yang ngomong.

“Wuih, puding klamud, ini enak loh mas. Pasti suka. Dijamin,” kata dia begitu. Alhasil jadi penasaran, seperti apa puding di dalam kelapa muda yang masih utuh.

rekomendasi wisata cilacap

Kayak Apa Sih Puding Klamud Bang Bulex?

Awalnya, aku menduga kalau isi di dalam klamud itu puding keras dengan daging kelapa yang sudah dikerok. Jadi mirip kayak es klamud yang dicampur puding. Ternyata nggak begitu.

Oke deh. Kita jangan bahas asumsi-asumsi lagi yah. Apalagi cuma asumsi dari aku yah. Heuheu. Lebih baik cerita deskripsi saja soal Puding Klapa Bang Bulex.

Bagian atas klapa dipotong rapi. Semacam toples yang bisa buka tutup. Jadi, kamu bisa buka penutup saat ingin menikmati kesegarannya. Dan kemudian menutupnya saat ingin lanjut ngobrol santai.

Itu kemasannya. Lalu, bagaimana dengan isinya? Ternyata eh ternyata, daging buah kelapa muda itu masih utuh. Masin menempel di bagian dinding batik.

Kalau isiannya, ya jelas puding. Tepatnya puding plain itu loh. Hal ini terlihat dari warnanya. Bening-bening khas puding begitu lah. Mudah banget dikenali.

Tetapi, campuran cairan pudingnya bukan air bening biasa. Melainkan air kelapa muda itu sendiri. Ya, namanya juga es klapa muda yah, ya isinya harus air kelapa dong.

Kalau soal Rasa Puding Klamud?

Enak! Iya, ternyata enak. Rasa air klapanya masih. Nggak ada perubahan. Cuma pas dimakan jadi terasa unik di lidah karena tekstur pudingnya. Bener-bener menggoyang lidah.

Tekstur puding yang dicampur dengan air kelapa itu nggak keras-keras amat. Jadi kayak lim glukol kalau dipegang gitu loh. Cuma lebih bening. Sampai masih bisa lihat dasar kelapanya koh.

Rasanya memang seger banget. Aku yang tadinya ngantuk langsung melek. Nggak bisa berhenti menikmati puding. Dasarnya, aku suka puding juga sih. Jadi, bener-bener menikmati puding klapa.

Nah, lebih terasa fresh lagi itu pas mencoba mencampur daging kelapa yang dikerok dengan sendok dengan pudingnya. Puding dan daging kelapa muda pokoknya jadi duet maut di tengah rapat. Mantap!

Aku bener-bener nggak menyesal menikmati Puding Klamud Bang Bulex ini. Satu-satunya penyesalan, nggak bisa menikmati puding klamud ini di tepi pantai sore hari. Kayaknya fresh banget. Heuheu.

Hayuk Baca Juga: Tips Mudah Murah Meriah Mengatasi Bad Mood Ketika Bekerja

Eh, Aku Nggak Tahu Belinya di Mana Loh Yah.

Soalnya dikasih kan. Hehehe. Tetapi kalau lihat label di kelapanya sih Puding Klamud Bang Bulex ini ada di Jalan Tawes, Menganti Cilacap. Nomor teleponnya 08157973984.

Kalau kalian punya kesempatan untuk berwisata ke Cilacap dan pengin banget wisata kuliner di Cilacap, kayaknya Puding Klamud Bang Bulex ini pantas banget dicoba.

Aku juga berharap bisa menikmati puding klamud lagi. Tapi pas senja di tepi pantai, sambil ada yang nyanyi, “kemesraan ini, janganlah cepat berlalu…”.

4 thoughts on “Wisata Kuliner di Cilacap yang No Bokis, Puding Klamud Bang Bulex”

  1. Laahh kenapa artikel kie tayang setelah nyong ming cilacap minggu lalu?

    Kenapa gak dua minggu yang lalu ini tayangnya, kan pas aku ke cilacap bisa mampir. Kayane enak temen kue yaaa.. air kelapanya juga dijadikan mudik. Seger tenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *