ilustrasi-bahasa-ngapak-lucu-banyumasan
Catatan Lepas

Jangan Terlalu Yakin dengan Pengetahuan Budaya Banyumasan, Kalau Sulit Jawab Pertanyaan Ngapak Ini. Ora Ngapak, Ora Kepenak

Pada tahun 2021 kemarin, AkuBangkit ikutan kolaborasi di penyelenggaraan Festival Ngapak 2021. Bukan sebagai event organizer alias EO sih. Melainkan cuma bantuin di sesi Lomba Cerdas Cermat Ngapak.

FYI nih, Festival Ngapak 2021 digelar di Golaga Purbalingga, 18-19 Desember 2022. Festival Ngapak 2021 ini mengusung tema “Semanak Grapyak”.

Pada acara Lomba Cerdas Cermat Ngapak, AkuBangkit kolaborasi dengan seniman dari Purbalingga, Kang Tomo bikin konsep, bikin pertanyaan sekaligus jadi juri acara lomba.

Tetap Semangat Sluur: 4 Ungkapan Banyumasan yang Bisa Kamu Teriakkan Saat Semangat Semakin Menurun

Konsepnya, sederhana aja sih. Hanya cerdas cermat yang menggunakan bahasa Banyumasan. Mulai dari pemakaian bahasa dalam bertanya maupun menjawab.

Materi pertanyaannya juga seputaran budaya Banyumasan. Temanya ya seputaran kesenian khas Bumi Panginyongan, seperti wayang, ebeg, lengger, ketoprak hingga braen.

Selain itu, ada juga sih pertanyaan dengan tema bahasa tutur lisan Banyumasan serta tema guyonan.

festival-ngapak-banyumasan
Sumber Foto: Rilis Dinkominfo Purbalingga.

Ngapak Lucu di Lomba Cerdas Cermat Bahasa Banyumasan.

Meskipun kemasan perlombaan cerdas cermat adalah guyonan khas Banyumasan, hal itu nggak bikin peserta mengikuti kompetisi dengan asal-asalan. Mantap sih.

Pokoknya, nggak nyangka banget. Semangat peserta untuk mengikuti Lomba Cerdas Cermat di Festival Ngapak 2021 ini begitu tinggi. Padahal, siang itu, Golaga mulai diselimuti hawa dingin.

Bahkan, selepas mengikuti lomba, banyak peserta yang merasa “oh, itu bahasa Banyumasannya”. Jadi, unsur pendidikan budaya Banyumasan lumayan dapat lah.

AkuBangkit dan Kang Tomo pun merasa sangat bersyukur bisa bikin LOmba Cerdas Cermat Ngapak yang nggak cuma lucu dan menghibur, tetapi juga memberikan pengetahuan. Heuheu.

Pertanyaan di Lomba Cerdas Cermat Ngapak.

Nah, buat kamu yang nggak sempat datang di Festival Ngapak 2021 atau sekadar pengin tahu jenis pertanyaan di Lomba Cerdas Cermat yang dilaksanakan di Golaga, AkuBangkit share deh pertanyaannya.

Tapi, beberapa pertanyaannya saja yah. Jangan semuanya. Siapa tahu kan bisa jadi stok untuk gelaran Festival Ngapak di Purbalingga selanjutnya kan. Hehehe.

Eh, kalau kamu sudah tahu jawabannya, silahkan tulis jawabannya di kolom komentar yah. Daripada disimpen dalam hati sendiri kan. Hehehe.

Dan, pertanyaan di Lomba Cerdas Cermat Ngapak adalah….

  1. Panakawan ana 4, sing teyeng nguntal wulan jenenge? ….
  2. Panakawan sing de gawe sekang ayang-ayangane badranaya? ….
  3. Babak cepetan nggawa tumpeng maring latar, neng latar mau cepete terus ibing-ibingan, apa iringan cepet nggawa tumpeng? ….
  4. Asesoris tukang ngibing ebeg sing neng sirah jenenge? ….
  5. Alat pengiring kesesnian lengger sing digawe sekang pring jenenge? ….
  6. Gerakan bokong ngengsod ngiwe nengen jenenge gerakan? ….
  7. Wong wadon sing tugase momong anak wadon raja jenenge? ….
  8. Sapa sing nyipta kesenian braen? ….
  9. Braen esih berkembang apik neng wilayah tanah perdikan, sebutna salah siji desa sing kelebu neng wilayah tanah perdikan? ….
  10. Ana tetembungan aja njagong neng lawang, aja singsotan wayah bedug, aja tlektekan agi bedug, pitakonane apa kalimat teruse aja njagong neng lawang mbok…
  11. Jere kaki nini angger neng nggon angker luruh-luruh jentike kon de….
  12. Mbalang rambutan nganggo kayu dawa jenenge….
  13. Apa jenenge supir gerobag? ….
  14. Apamara sing cilik de idek-idek sing gedhe de elus-elus ….
  15. Empas kopi jenenge apa jajal? ….

Itu dia beberapa pertanyaan bahasa Banyumasan lucu di Lomba Cerdas Cermat Ngapak yang digelar di Festival Ngapak 2021. Kalau memang tahu jawabannya, silahkan dijawab.

Share blogpost ini juga boleh, kok. Biar semakin banyak orang yang tahu dan kenal istilah-istilah dalam bahasa Banyumasan Ngapak. Nek, arep aweh bedean, ya ngonoh. Men gayeng sisan, kaya Jateng.

Dengar dan Temukan Kisahnya di Podcast Spik Sana Spik Sini.

Sumber Foto Ilustrasi Cover: https://pixabay.com/images/id-930397/

1 thought on “Jangan Terlalu Yakin dengan Pengetahuan Budaya Banyumasan, Kalau Sulit Jawab Pertanyaan Ngapak Ini. Ora Ngapak, Ora Kepenak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *